Makalah Metopen Penelitian Komparatif
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan dikenal study tentang penelitan pendidikan. Hal ini dimaksudkan agardalampenelitan pendidikan kelakdiharapkan menggunakan metode yang tepat dan efektif untuk mengolah data. Lebih lagi, sebagai mahasiswa,kita harus mengetahui dan memahami tentang beberapa metode penelitian yang ada.
Penelitian pada hakikatnya merupakan suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan,danmenguji kebenaran uatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah. Pendekatan dalam metode ilmiah dibagi menjadi 2, yaitu: pendektan kuantitatif dan pendekatan kialitatif . menurut Emzir (2010: 2) penelitian kualitatif adalah dekripif dan data yang dikumpulkaan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Sedangkan, penelitian kuantitatif adalah analisis statistik dan data yang lebih mengambil bentukyang dapatdihitung (Numerik).
Pada penelitian kuantitatif dibedakan pula antara metode penelitianekperimen dan noneksperimen. Salah satu penelitian yang terdapat dalam metode noneksperimen yaitu penelitian komparatif. Penelitian komparatif sering digunakan untuk megetahui apakah ada perbedaan antara dua atau lebih kelompok dalam aspek variabel yang dimiliki. Penelitian komparatif memberikan hasil yang dapat dipercaya, karena meggunakaninstrument yang bisa diuji. Untuk lebih jelasnya, didalam makalah ini pemakalah berusaha menjelaskan tentang pengertian ,rasionalisasi, perbandingan antara penelitian-penelitian yang lain, kelebihan dan kekurangan, prosedur penelitian, desain penelitian, prosedur kontrol, analisis dan interpretasi data, serta contoh penelitian komparatif.
2.1RUMUSAN MASALAH
1.Apa yang dimaksuddengan penelitian komparatif ?
2.Apa rasionalisasi penelitian komparatif ?
3.Bagaimana cara membandingkan penelitian komparatif dengan penelian-penelitian yang lain ?
4.Apa kelebihan dan kekurangan penelitian komparatif ?
5.Bagaimana prosedur penelitian komparatif ?
6.Bagaimana desain penelitian komparatif ?
7.Bagaimana prosedur kontrol penelitian komparatif ?
8.Bagaimana cara menganalisis penelitian komparatif ?
9.Bagaimana contoh dari penelitian komparatif ?
2.2TUJUAN
1.Untuk mengetahui pengertian penelitian komparatif
2.Untuk mengetahui rasionalisasi penelitian komparatif
3.Untuk megetahui cara membandingkan penelitian komparatif denganpenelitian-penelitian yang lain
4.Untuk megetahui kelebihan dan kekurangan penelitian komparatif
5.Untuk megetahuiprosedur penelitian komparatif
6.Untuk megetahui desain penelitian komparatif
7.Untuk mengetahui prosedur kontrol penelitian komparatif
8.Untuk mengetahui cara menganalisis penelitian komparatif
9.Untuk mengetahui contoh dari penelitian komparatif
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penelitian Komparatif
Menurut Kerlinger (1973) penelitian kausal komparatif (causalcomparativeresearch) yang disebut juga sebagai penelitian expostfacto adalah penyelidikan empiris yang sistematis dimanailmuan tidak megedalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel tersebut telah terjadi, atau karena variabel tersebut pada dasarnya tidak dapat dimanipulasi. Kesimpuan tentang adanya hubungan diantara variabel tersebut pada dasarnya tidak dapat dibuat berdasarkan perbedaan yang mengiringi variabel bebas dan variabel terikat, tanpa intervensi langsung (Kerlinger 1973: 379). Sementar itu, menurut Gay (1981: 197) penelitian kausal komparatif (causalcomparativeresearch) atauexpostfacto adalah penelitian dimana peneliti berusaha menentukan penyebab atau alasan, untuk keberadaan perbedaan dalam prilaku atau status dalam kelompok individu. Dengan kata lain, telah diamati bahwa dalam kelompok berbeda pada beberapa variabel dan peneliti berusaha mengidentifikasi faktor utama yang menyebabkan perbedaan tersebut. Penelitian semacam ini dirujuk sebagai penelitian expostfacto (bahasa Latin ‘setelah fakta’) karena pengaruh dan yang mempengaruhi telah terjadi dan diteliti oleh peneliti dalam tinjauan ke belakang (restropect). Gay memberi contoh, sebagai suatu penjelasan yang mungkin tentang buku perbedaan dalam penyesuaian sosial dikalangan siswa kelas 1 SD, seseorang peneliti dapat membuat hipotesis bahwa partisipasi dalam pendidikan prasekolah merupakan faktor utama yang memberikan kontribusi. Penelitian kemudian memilih satu kelompok peringkat pertama yang ikut serta dalam pendidikan prasekolah dan satu kelompok yang tidak ikut. Kemudian peneliti membandingkan tingkat penyesuaian sosial kedua kelompok tersebut. Jika kelompok yang ikut pendidikan prasekolah memperlihatkan tingkat penyesuaian sosial tinggi, hipotesis peneliti akan didukung.
< Selengkapnya Silahkan Download Disini .>
0 Response to "Makalah Metopen Penelitian Komparatif "
Post a Comment