-->

Manajemen Strategik Analisis Dan Pilihan Strategi



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Strategi merupakan tindakan yang senantiasa bersifat meningkat, terus menerus, dan dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Sebagian besar dalam analisis dan pemilihan strategi yang jitu melibatkan pengambilan keputusan subjektif berdasarkan informasi objektif  strategi, tujuan, dan misi perusahaan ditambah dengan informasi audit internal dan eksternal, memberikan dasar atau landasan untuk menghasilkan dan mengevaluasi alternatif strategi yang layak. 

Strategi alternatif cenderung menggambarkan sebuah langkah-langkah berjenjang yang membawa perusahaan atau organisasi ke arah masa depan yang diinginkan, kecuali jika perusahaan  tersebut menghadapi situasi yang berat atau sulit. Berikut akan dibahas mengenai memilih strategi yang terdiri atas tiga tahap. Dalam masing-masing tahap terdapat berbagai strategi alternatif yang dapat dipilih beserta keunggulan dan kelemahannya, memilih strategi yang layak juga harus mempertimbangkan hal-hal seperti perilaku, politik, etika, dan tanggung jawab sosial. Makalah ini juga akan membahas mengenai peran budaya organisasi, dan peran dewan direksi dalam analisis dan pemilihan strategi-strategi alternatif.


1.2 Rumusan Masalah
A. Bagaimana Pengertian dan Klasifikasi Strategi.?
B. Bagaimana Pengembangan matriks IE dan QSPM?
C. Bagaimana Tanggung Jawab dan Etika dalam Manajemen Stategis?
D. Bagaimana Peranan Kultur Organisasi Dalam Pilihan Strategik?
E. Bagaimana Peran Dewan Direksi Manajemen Strategik?

1.3. Tujuan Penulisan
A. Untuk mengetahui Pengertian dan Klasifikasi Strategi.
B. Untuk mengetahui Pengembangan matriks IE dan QSPM
C. Untuk mengetahui Tanggung Jawab dan Etika dalam Manajemen Stategis
D. Untuk mengetahui Peranan Kultur Organisasi Dalam Pilihan Strategik
E. Untuk mengetahui Peran Dewan Direksi Manajemen Strategik



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian dan Klasifikasi Strategi.

Strategi bukan lagi sesuatu yang asing di telinga kita. Ketika membicarakan tentang strategi akan tergambar sebuah proses dengan pemikiran yang keras, cermat dan hati-hati untuk melakukan sesuatu yang tidak ringan. Banyak ahli yang telah mendefinisikan tentang strategi. Marrus (dalam Umar, 2008) mendefinisikan strategi sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Selain itu Hamel dan Prahalad (dalam Umar, 2008) mendefenisikan strategi sebagai berikut: Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental(senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan bukan dimulai dari apa yang terjadi.

< Selengkapnya Silahkan Download Disini >

0 Response to "Manajemen Strategik Analisis Dan Pilihan Strategi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel