-->

Makalah Konseling Anak Berbakat



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar pada dasarnya adalah suatu gejala yang nampak dalam berbagai manivestasi tingkahlaku, baik secara langsung maupun tidak langsung.Kesulitan belajar anak tentu saja tidak boleh di diamkan begitu saja karena hal ini akan sangat menghambat  anak dalam memperoleh prestasi  selain itu apabila hal ini di diamkan ini akan lebih menghambat anak untuk belajar ke depannya.

Kesulitan dalam belajar dapat di sebabkan karena beberapa faktor.Bisa dari faktor internal ( diri anak ) dan juga faktor eksternal ( dari luar anak ) .Faktor internal ini bisa di sebabkan karena anak mempunyai perbedaan dengan anak yang lainnya dan sering juga di sebut anak dengan kebutuhan khusus . Dalam hal ini kebutuhan khusus bukan berarti anak mempunyai kekurangan . Anak yang Cerdas Istimewa / mempunyai bakat yang Istimewa juga termasuk anak yang berkebutuhan khusus atau sering di kita kenal dengan istilah anak Gifted atau anak Superior.

B. Rumusan Masalah

1.Apa pengertian dari anak cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted) ?
2. Apa ciri-ciri anak yang memiliki cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted) ?
3. Apa penyebab anak memiliki cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted) ?
4. Apa jenis anak berkebutuhan khusus cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted) ?
6.Bagaimana memberi bimbingan kepada orang tua yang memiliki anak cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted) ?

C. Manfaat dan Tujuan

Dengan membuat makalah ini diharapkan pembaca :
1. Mengetahui pengertian dari anak cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).
2.  Mengetahui ciri-ciri anak yang memiliki cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).
3.Mengetahui penyebab anak memiliki cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).
4. Mengetahui jenis anak berkebutuhan khusus cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).
5. Mengetahui bagaiman cara mengajar anak yang memiliki cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).
6.Mengetahui bagaimana memberi bimbingan kepada orang tua yang memiliki anak cerdas istimewa / berbakat istimewa (gifted).

BAB II
CERDAS ISTIMEWA DAN BAKAT ISTIMEWA (GIFTED)

A.PENGERTIAN 

Anak yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa atau terpendam (gifted) merupakan anak yang secara significant memiliki mempunyai IQ 140 atau lebih, potensi diatas rata-rata dalam bidang kemampuan umum tertentu, akademik khusus, kreativitas, kepemimpinan, seni dan/atau olahraga. Anak berkebutuhan khusus atau gifted (Heward) mereka merupakan anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak - anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik.

Menurut definisi yang dikemukakan Renzuli, anak berbakat (gifted) memiliki pengertian, "Anak berbakat merupakan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatnya di atas kemampuan rata- rata, komitmen yang tinggi terhadap tugas-tugas dan kreativitas yang tinggi. Anak berbakat (gifted) ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikan dalam setiap tindakan yang bernilai. Anak-anak yang mampu mewujudkan ketiga sifat itu di masyarakat memperoleh kesempatan pendidikan yang luas dan pelayanan yang berbeda dengan program-program pengajaran yang reguler (Swssing, 1985).

< Selengkapnya Silahkan Download Disini >

0 Response to "Makalah Konseling Anak Berbakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel